Olahraga saat puasa, jaga berat badan anda

21 Jul

Olahraga sangat penting

puasa,olahraga,ramadhanBanyak orang percaya bahwa saat puasa seseorang akan kehilangan berat badannya. Namun berat badan tidak hanya dipengaruhi dari pola makan saja, aktivitas yang kurang diperhatikan dengan baik juga berpengaruh terhadap berat badan. Berat badan yang cenderung naik saat bulan puasa dipengaruhi oleh makanan tinggi kalori saat berbuka,konsumsi gula yang berlebih dan lemak, serta rendahnya aktifitas fisik.

Karena itu, penting untuk tetap menjaga pola makan sehat selama bulan puasa agar berat badan tidak bertambah dan tetap langsing. Selain itu, olahraga juga penting dilakukan. Berikut beberapa tips untuk berolahraga selama bulan puasa.

Waktu Olahraga: penting!

Asupan makanan dan minuman sebelum, selama, dan sesudah olahraga penting untuk diperhatikan. Namun, asupan makanan dan minuman menjadi lebih terbatas saat berpuasa sehingga memilih waktu berolahraga menjadi salah satu hal yang penting. Pemilihan waktu ini dilakukan agar olahraga tetap dapat dilakukan dengan optimal. Berikut ini dua waktu pilihan untuk berolahraga:

Olahraga sesaat sebelum berbuka puasa
Manfaatnya, kamu dapat langsung mengembalikan energi yang digunakan dan cairan yang hilang selama berolahraga dengan makan dan minum saat buka puasa.Olahraga sekitar 2-3 jam sesudah berbuka puasa
Berolahraga sesudah berbuka puasa dapat dilakukan karena memberikan kesempatan untuk makan dan minum sebelum, selama, dan sesudah latihan.
Pilih Olahraga yang Ringan untuk Menjaga Berat Badan-mu
Saat berpuasa, akan terjadi penurunan metabolisme tubuh secara alami karena terbatasnya asupan energi dan nutrisi dari makanan. Untuk mengatasinya, pilih jenis latihan dengan intensitas ringan dan sedang. Olahraga dengan intensitas yang tepat akan membantu menjaga kebugaran dan kesehatan selama bulan puasa. Jangan memaksakan diri untuk berolahraga karena justru akan membuat kamu merasa lemas dan kurang fit.

Tips: Cobalah olahraga ringan seperti yoga yang juga dapat membantu menenangkan pikiran, berjalan keliling taman, jalan cepat, jogging, bersepeda, atau gerakan peregangan tubuh sebagai alternatif olahraga selama bulan puasa.

Sesuaikan dengan Kondisi Tubuh
Jika terbiasa berolahraga rutin, kamu dapat berolahraga setiap 2 hari sekali selama bulan puasa. Hal ini penting guna memberikan kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat dan memulihkan diri. Namun, jika tidak terbiasa berolahraga secara rutin, mulailah berolahraga secara perlahan-lahan dan tingkatkan hingga sekitar 2-3 kali seminggu.

Lengkapi dengan Nutrisi Seimbang
Pastikan menu saat berbuka dilengkapi dengan karbohidrat yang berfungsi mengisi kembali energi dengan cepat. Lengkapi juga dengan protein guna membantu pemulihan setelah latihan. Selain itu, konsumsi cukup air di saat sahur dan berbuka, jumlahnya sekitar 6-8 gelas air untuk mengisi dan menggantikan cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas.

Tips: susu atau roti gandum bisa jadi makanan pembuka sesudah latihan; yang kemudian dilanjutkan dengan makanan utama.

So Ladies, puasa bukan lagi halangan untuk berolahraga. Bonusnya badan jadi fit dan berat badan idealmu tetap terjaga. Sure you can do!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: